Pencegahan Dan Pembersihan Mobil Secara Rutin Dari Virus Corona

Himbauan pemerintah untuk melakukan segala aktivitas dari rumah pun dikeluarkan, tapi tentunya tidak semua orang bisa melakukan aktivitas rutin dari rumah. Bagi Anda yang masih harus bekerja ke kantor, sebaiknya hindari menggunakan kendaraan umum untuk meminimalisir kontak fisik dengan banyak orang.

Tapi bukan berarti pergi dengan mobil juga bisa membuat Anda kebal dari ganasnya virus corona ini. WHO juga memberikan langkah-langkah pencegahan agar Anda dan keluarga bisa terhindar dari penularan virus corona ini dengan menerapkan hidup sehat dan menjaga kebersihan.

Pertama tentunya adalah menjaga kondisi tubuh Anda, virus corona ini akan mudah menyerang orang dengan kondisi imunitas yang lemah. Untuk itu sebaiknya Anda menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan dan minum, mengkonsumsi multivitamin atau suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh, dan mengalokasikan waktu istirahat yang cukup.

Kedua adalah selalu membiasakan cuci tangan secara teratur dan sesering mungkin dengan sabun antiseptik atau bahan mengandung alkohol sehingga mampu membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.

Ketiga adalah dengan melakukan social distancing, jaga jarak dengan orang yang sedang batuk atau bersin minimal 1 meter. Agar cairan yang keluar dan kemungkinan mengandung virus itu ketika batuk atau bersin itu tidak menempel ke tubuh Anda.

Keempat adalah jangan menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda terlalu sering karena tangan Anda pasti menyentuh banyak permukaan yang kemungkinan ada virus yang menempel. Jika begitu, Anda pasti akan memindahkan virus tersebut dari mata, hidung, dan mulut ke tubuh Anda melalui tangan tersebut.

Kelima adalah melakukan aturan bersin atau batuk yang benar. Pastikan ketika Anda batuk atau bersin agar selalu menutup mulut dan hidung dengan siku tangan yang ditekuk.

Membersihkan Mobil Secara Rutin

Pencegahan di atas berlaku ketika Anda berada di mana saja, dan tentunya juga berkaitan jika Anda menggunakan mobil kesayangan. Tapi utamanya adalah dengan menjaga perawatan dan kebersihan di bagian interior mobil. Untuk itu Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

Pertama adalah menyiapkan cairan pembersih tangan di mobil. Jika di dalam kendaraan tentunya tidak mungkin untuk mencuci tangan, nah sebaiknya Anda menyiapkan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di dalam mobil. Gunakan hand sanitizer ini sebelum dan sesudah Anda berkendara. Agar lebih praktis, Anda bisa menyediakan cairan pembersih tangan ini dalam kemasan kecil sehingga mudah dibawa.

Jangan lupa untuk menggunakan masker ketika Anda sedang berkendara dan merasakan gejala-gejala seperti demam, pilek, dan batuk. Apalagi kabin mobil merupakan area tertutup dengan sistem sirkulasi AC yang juga hanya berputar di dalam mobil.

Selalu bersihkan kabin mobil dengan rutin agar tidak ada kuman atau bakteri yang bersarang di kabin mobil. Gunakan produk khusus untuk pembersih interior mobil yang banyak dijual di toko aksesoris mobil atau bahkan di marketplace. Usahakan lakukan hal ini secara rutin ya, apalagi hujan masih terjadi di beberapa kota di Indonesia sehingga mobil akan lebih cepat kotor.

Berikutnya adalah dengan menyemprotkan anti bakteri ke seluruh penjuru interior mobil. Ada banyak produk anti bakteri yang tersedia di pasaran. Demi mencegah hinggapnya virus corona, sebaiknya sekarang ini setiap hari sebelum berkendara Anda bisa menyemprotkan cairan anti bakteri ini ke dalam mobil.

Anda juga bisa gunakan pembersih interior mobil yang khusus, seperti formula khusus untuk fogging kabin mobil. Cara ini mirip seperti fogging untuk mencegah demam berdarah, hanya saja fogging dilakukan di dalam kabin mobil dengan kondisi AC menyala, agar sirkulasi di dalam kabin terjaga.

Anda juga bisa menggunakan pembersih khusus yang dapat menghilangkan bakteri dan juga jamur di dalam kabin. Untuk Mitsubishi Family, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyediakan perawatan khusus untuk ini.

Ada dua jenis yaitu Evaporator Cleaner dan Antibacterial Air Freshener. Evaporator Cleaner digunakan untuk membersihkan bagian evaporator kendaraan Mitsubishi Anda sehingga dapat menjaga kebersihan udara yang keluar dari Air Conditioner (AC). Sedangkan Antibacterial Air Freshener digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam kabin. Selain itu juga mencegah bakteri dan jamur serta menjaga interior mobil tetap bersih dengan kualitas udara yang lebih sehat.

Antibacterial Air Freshener ini juga dapat Anda lakukan sendiri di mobil Anda. Caranya pun cukup mudah, pastikan semua jendela dan pintu tertutup rapat serta mesin mobil dalam keadaan tidak menyala. Kemudian lipat sandaran kursi depan dan dorong kursi hingga ke posisi paling maju.

Kocok terlebih dahulu produk Antibacterial Air Freshener ini dan letakkan di lantai baris kedua, lalu tekan hingga cairan keluar dan segera tutup pintu mobil. Tunggu selama 5 menit sampai cairan habis dan tunggu 5 menit lagi agar semua formula dari cairan tersebut menyebar ke seluruh ruangan kabin. Setelah itu buka pintu dan jendela lalu tunggu selama 5 menit lagi. Mudah kan?

Semua perawatan kabin ini sudah tersedia di diler resmi Mitsubishi di Indonesia. Demi kenyamanan Anda dan keluarga sebaiknya perawatan menyeluruh pada kabin mobil ini dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali.

Semua tips ini berguna untuk mencegah Anda dan keluarga terkena virus corona. Tapi langkah yang paling baik adalah mengurangi aktivitas di luar rumah dan menjaga kondisi tubuh Anda. Pasalnya sampai saat ini belum ada obat atau vaksin untuk mencegah penularan dari virus corona.

You might be interested in …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat